Rabu, 19 November 2014

FUNGSI MSCONFIG PADA WINDOWS








Fungsi MSCONFIG pada Windows

Fungsi MSCONFIG pada WindowsPada kesempatan ini sy akan share sedikit tentang fitur bawaan windows, artikel ini sy dapat dari Search Engine dan dari pengalaman pribadi. OK langsung saja seprti yang sy tuliskan di judul postingan kali ini tentang Fungsi MSCONFIG.

MSCONFIG (Microsoft Configuration) merupakan tool bawaan windows pada semua versi digunakan untuk troubleshooting seprti mendisable software/driver/dll, dari boot up, dan bisa membantu dalam memecahkan maslah pada komputer. selain itu pada tools MSCONFIG ini Anda dapat meningkatkan performance komputer. untuk mengakses MSCONFIG, klik start -> Run ketik 'MSCONFIG' kemudian klik 'ok'.

Fungsi MSCONFIG


  • Costumisasi start-up, baik start-up by user maupun by system tanpa menghapus shortcut, cukup men-enable yang mau di jalankan pada start-up atau mendisable jika tidak mau menjalankan pada start-up.
  • Costumisasi booting, msalnya menghilangkan logo winXP pada saat booting. 
  • Menpercepat dan megoptimalkan windows tanpa software. 

Berikut beberapa fitur dari MSCONFIG yang bisa menpercepat dan megoptimalkan windows Anda.

GENERAL


Pada tab- GENERAL ini kita bisa me-modifikasi konfigurasi sistem dengan memilih metode bagaimana proses loading Windows akan dilakukan. Disini ada 3 (tiga) cara utama. Yaitu :

  1. Normal Startup – semua driver dan services akan di-load.
  2. Diagnostic Startup – hanya driver dan services standard saja yang di-load. 
  3. Selective Startup – hanya bagian terpilih yang akan di-load.

Pada metode ini sistem Windows dibagi menjadi lebih luas lagi yaitu SYSTEM.INI, WIN.INI, SYSTEM SERVICES, dan START UP ITEMS dengan pilihan booting menggunakan file- BOOT.INI yang asli atau yang sudah kita modifikasi.

BOOT


Pada tab-BOOt akan terlihat jenis windows yang terpasang pada tab ini kita bisa mempersingkat waktu yang dibutuhkan untuk booting dengan mengganti angka di dalam box- [Timeout] (defaultnya = 30 detik). Sementara itu penggunaan tombol [Advance Options..] memerlukan sedikit pengetahuan tentang alokasi memory, kernel processor dll.

SERVICES


Pada window MSCONFIG, buka tab services. pada tab ini akan terlihat service yang otomatis dijalankan windows pada saat start-up. ada beberapa servicesyang tidak perlu dan sebaiknya di matikan, yaitu:

  1. Automatic Update. Service ini jika Anda ingin otomatis update windows. sebaiknya di disable saja.
  2. Error Reporting Service. Jiak Anda pernah melihat window yang isinya "Error Occured......." terus ada pilihan send atau don't send. itulah gunanya dari service ini.kita biasanya memilihi don't send, so service ini sebaiknya di matikan saja. 
  3. Remote Desktop Help Manager. digunakan untuk membantu Anda jika mengalami kesultan atau error di windows, Anda bisa meminta teman Anda untuk mengakses komputer anda dari jarak jauh. Jika anda tidak pernah memakainya sebaiknya service ini di matikan.
  4. Uninterruptible Power Supplay (UPS). ini hanya jika komputer Anda menggunakan UPS. matiak service ini jika tidak menggunakan UPS. 
  5. Even Log. Windows mencatat semua log tentang apa saja yang terjadi di windows. Jiak tidak pernah menggunakan even log (ada di Control Panel > Administratif Tool), maka sebaiknya di matikan saja.
  6. Help and Support. Mendapatkan file support dengan menekan F1 untuk mengaktifkan.Apakah anda cukup sering melakukan dan membaca help file dari Windows, Anda matikan fitur ini jika tidak menggunakan Help and Support.
  7. Net Logon. Supports pass-through authentication of account logon events for computers in a domain. Bila anda terhubung dengan network dan sebuah domain. Fitur ini diperlukanTetapi bila anda hanya mengunakan computer sendiri saja dan tidak memiliki domain. Fitur ini dapat dimatikan.
  8. Remote Registry. Memberikan otorisasi remote user memodifikasi registry pada sebuah computer. Sebaiknya dimatikan.
  9. Security Center. Monitors system security settings and configurations.” Menampilkan Pop Up ketika firewall down, Anti virus telah out o date atau sistem Windows update sengaja dimatikan.Bila anda selalu memonitor ke 3 fungsi diatas, fitur ini dapat dimatikan.Karena fungsi Security center hanya memonitor dan bukan mencegah dan lebih baik mengawasi langsung dari program Anti Virus Anda.
  10. TCP/IP NetBIOS Helper. Provides user experience theme management support for NetBIOS over TCP/IP (NetBT) service and NetBIOS name resolutionMatikan bila anda tidak memerlukan NetBIOS untuk network. 

STARTUP


Didalamnya berisi daftar aplikasi/program resident. Yaitu program yang otomatisaktif saat Windows loading. Beberapa program memang kadang diperlukan, tetapi kebanyakan hanya akan memperlambat proses loading Windows dan menambah berat performa sistem.

Itulah tutorial singkat fungsi dan bebrapa fitur dari MSCONFIG. Smoga bisa brmanfaat.

Catatan: Hati-hati dalam men-disable service-service bawaan windows selain dari yang sy sebutkan di atas. Jiak terjadi kerusakan pada windows Anda, Penulis tidak bertanggung jawab atas kerusakan tersebut.

Related Posts


2 komentar

woww.... bru tau ek kgunaan dri ms config
selain yang sempat saya tulis di atas masih banyak fungsi ms config
Silahkan berikan komentar Anda jika ada hal yang kurang dipahami dengan topik yang telah Anda baca. Biasakan berkomentar dengan:
1. Berkomentar Dengan Sopan dan menggunakan bahasa yang mudah dipahami.
2. Tidak Memasukkan Link Aktif Dalam Form Komentar.
3. Berkomentar Sesuai Artikel/Postingan.
4. Berilah Informasi, Jika ada script/link yang Sudah tidak berfungsi/mati.
5. komentar Jorok/Kasar/SARA/PORNO/saya anggap sebagai SPAM.









1 Komentar:

Pada 14 Mei 2019 pukul 23.40 , Blogger LOVELYZ TRILOGY mengatakan...

ok min, makasih banyak sudah shasre
solder uap

 

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda